Tuesday, June 30, 2020

Duo Komunitas Pecinta Kucing Makassar Berkolaborasi Menengok Kucing Kampus

Jurnalis Kucing || Makassar
OnGkel & OnGty sekalian...
Kucing Kampus.. adalah kucing liar yang terbilang menderita dibanding kucing liar di area lainnya. Bahkan disaat sudah ada beberapa kantin yang terbuka untuk masyarakat umum pun, tak semua kucing kampus beruntung mendapatkan jatah makan yang cukup.


Komunitas Castle atau lebih sering disebut Cats Solidarity Lovers sangat mengenal area kampus Universitas Hasanuddin ini sebagai zona memprihatinkan bagi kucing liar. Seringkali kucing liar tersebut harus merambah ke pemukiman warga diluar kampus untuk berjuang hidup demi mendapatkan makanan. Resikonya jelas.. terkadang diantara mereka harus mendapatkan cacat fisik baik di mata, hingga beragam penyakit kulit akibat perlakuan tak wajar dari warga yang anti kucing.


Dari keprihatinan akan hal itu, T9 Cats Lovers Squad pun berkolaborasi dengan Komunitas Castle untuk melakukan street feeding. Street Feeding Kolaborasi ini dilakukan didalam lingkungan kampus Universitas Hasanuddin hingga di area pemukiman warga sekitar.


Firman.. Salah seorang anggota komunitas Castle mengungkapkan perlunya kucing sekitar kampus mendapatkan perhatian lebih dibandingkan kucing jalanan ditempat lainnya.


"Kami melihat kondisi mereka yang begitu banyak berpopulasi namun tidak banyak orang-orang sekitar yang peduli akan keberadaan salah satu hewan lucu seperti ini.
Karena jumlahnya yang demikian banyak, jika dibandingkan kucing stray ditempat lain... cuma sedikit daripada dikampus. Dan masih ada orang-orang kontrakan atau penjual dipasar yang bisa memberi mereka makanan.." Jelas Firman.


Hal senada juga disampaikan oleh Wulan dari Komunitas T9 Cat Lovers Squad. Menurutnya, kondisi kucing kampus cukup memprihatinkan sejak tidak adanya aktivitas perkuliahan.
Ia juga menyampaikan rasa senangnya dengan kolaborasi street feeding ini untuk menjalin silaturahmi bagi sesama komunitas.


"Senang sekali karena kita bisa menjalin silaturahmi dengan sesama komunitas lebih baik lagi...
Kemudian komunikasi juga semakin bagus, dan mudah-mudahan kedepannya ada kolaborasi Street Feeding lagi dari T9" harap Wulan.

"Untuk kali ini saya cukup prihatin ya... apalagi sekarang kondisi kampus yang lagi tidak ada aktivitas perkuliahan, Jadi otomatis untuk mereka... kucing-kucing jalanan dikampus Unhas ini susah untuk mendapatkan makanan". Lanjutnya


Di luar pelataran kampus, Tim Street Feeding kali ini menemukan beberapa kucing yang menderita sakit dan beragam cacat fisik. Ada juga Ibu Nurhayati dengan kucing kampung betinanya yang mengalami gangguan telinga hingga harus mendapatkan penanganan saat itu juga.


Selain melibatkan 2 Komunitas pecinta kucing, Street Feeding ini juga melibatkan kolaborasi antara Petmart Petshop Makassar dan Celebes Pets Center dalam memberi dukungannya berupa pasokan dry food dan obat-obatan.


No comments:

Post a Comment