Sunday, March 1, 2020

Gelar Street Feeding, T9 Domestic tangani lebih dari 170 kucing di 3 lokasi

JurnalisKucing | Makassar


Minggu sore, 1 Maret 2020.. sekitar pkl 15:30 wita, Puluhan warga Makassar yang tergabung dalam Komunitas "T9 Domestic" melakukan aktivitas sosial Street Feeding atau pemberian pakan secara serentak terhadap kucing tak bertuan di 3 lokasi (Kota Makassar).



Tiga Lokasi yang dimaksud diantaranya; Pasar Terong, Pasar Karuwisi dan Taman Pakui.

Komunitas ini diketuai oleh Wilfred Tjiutami. Menurutnya, Komunitas tersebut terbentuk pada 13 Oktober 2019. Hal ini dilatarbelakangi keprihatinannya akan kondisi kucing domestik di jalanan yang seringkali mengalami nasib tak seberuntung kucing Ras.


"kami melihat kucing jalanan kurang mendapat perhatian masyarakat. Dianggap seperti sampah atau kucing gembel. Maka kami membentuk komunitas ini untuk  menyampaikan pandangan kepada masyarakat agar tetap bisa memberikan perhatian yang sama kepada kucing domestik sebagaimana pada kucing ras". Jelas Wilfred Tjiutami.


Berbekal aneka jenis makanan kucing dan obat-obatan untuk penanganan medis darurat, mereka menyusuri jalan setapak dan deretan pedagang untuk menemukan kucing domestik yang layak diberi penanganan serius. Dikalangan komunitas pecinta kucing seperti ini, tentu sudah sangat akrab dengan istilah "Rescue" untuk menyelamatkan kucing terlantar tersebut secara darurat. Hal itu diakui oleh Ketua Aksi Street Feeding yakni mbak Mawar.


"Selain memberi makan, tentunya kami juga melakukan rescue (penyelamatan) ditempat dengan obat-obatan yang kami siapkan. Namun bila diperlukan, kami juga seringkali mengambil ataupun mengadopsi kucing yang benar-benar membutuhkan pengobatan dan perawatan khusus" katanya singkat.


Salah seorang anggota komunitas, ibu Marwiyah (kerap dipanggil bunda wiyah), menyampaikan rasa empatinya hingga turut bergabung dalam aksi Street Feeding tersebut



"Sangat disayangkan ketika ada kucing yang terlantar, namun tak ada yang memberikan perhatian disekitarnya, itu sering membuat saya tersentuh.
Kalau kebetulan ketemu dijalan, biasanya saya akan singgah dan memberikan makanan. Tapi sering juga ada kondisi tertentu yang saya temui tak lagi bisa ditangani ditempat. Kalau sudah begitu, kadang saya bawa pulang kerumah. Itu juga sebabnya hingga sekarang ini ada banyak kucing kampung dirumah saya" Bunda Wiyah menjelaskan dengan mata berkaca-kaca.


Dari kegiatan yang dilakukan serentak baik di pasar terong, taman pakui maupun pasar karuwisi itu.. jumlah kucing yang mendapatkan penanganan dari T9 Domestic sebanyak 178 ekor.

No comments:

Post a Comment